POPNAS JABAR 2015

Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2015 Jawa Barat, Provinsi Kalimantan Timur mampu melejit dengan naik ke peringkat enam setelah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumatera Barat pada penutupan di Sasana Budaya Ghanesha Bandung, Jumat (18/7)
Ini sekaligus mengulang peringkat di POPNAS 2013, namun kali ini Kaltim menyumbang 9 emas, 10 perak dan 14 perunggu. Lebih unggul dari POPNAS sebelumnya yang hanya 7 emas, 11 perak, dan 8 perunggu.
Kabid Olahraga Dispora Kaltim, Ego Arifin mengatakan perolehan 6 besar ini sudah memenuhi target yang cukup baik. Karena melihat persaingan yang ketat diantara peserta masing-masing cabang olahraga (cabor) maka masuk sepuluh besar pun dirasa membanggakan meskipun Kaltim memiliki target yang besar sebagai juara umum khususnya untuk wilayah di luar Pulau Jawa.
“Target kita sebenarnya 10 besar, tapi syukur Alhamdulillah pada hasil akhir kita bisa mempertahankan prestasi kemarin di 6 besar. Perolehan emas juga lebih banyak, ini berkat perjuangan anak-anak kita dan semangat pihak-pihak terkait,” katanya.
Seperti yang diprediksikan, cabor gulat yang menjadi cabor unggulan Kaltim mendapatkan 3 emas yang disumbangkan oleh Nilanda Saputri Gaya Bebas Kelas 52 Kg Putri, Muhammad Arif Renaldi Gaya Bebas Kelas 39 – 42 Kg Putra dan Annisa Safitria Gaya Bebas Kelas 46 Kg Putri.
Disusul cabor Tae Kwon Do dengan 2 emas yaitu Siloam Blegur Kelas Under 48 Kg Putra dan Sri Wahyuni Kelas Under 55 Kg Putri.
Selanjutnya Muhammad Aufa Gatfani Kelas 66 – 73 Kg Putra Judo, Andi Natanegara pada cabor Renang 50 M Gaya Kupu-Kupu Putra, Cabor panahan dan Tenis Meja masing-masing 1 emas.