Sampingan

Berita Renang

Perenang ESG Bandung Mendominasi

Semarang, CyberNews. Perkumpulan renang Elfira Swima Gemilang (ESG) Bandung menunjukkan dominasinya pada hari kedua  Kejuaraan Renang Antar-Perkumpulan Seluruh Indonesia (KRAPSI) di Kolam Renang Jati Diri, Semarang, Selasa (28/12).

Klub yang didirikan mantan ratu renang, Elfira Rosa Nasution, itu memimpin perolehan medali sementara dengan 24 emas, 10 perak, dan 8 perunggu. ESG meninggalkan pesaing terberatnya Petro Kimia Gresik, yang menempati posisi kedua dengan 6 emas, 6 perak, dan 3 perunggu. Adapun peringkat ketiga diduduki HIU Surabaya dengan perolehan 15 emas, 5 perak, dan 7 perunggu.

Dominasi perenang ESG tampak pada nomor 400 meter gaya bebas putra. Seperti Pratama Siahaan berhasil unggul atas perenang lainnya di kelompok umur (KU) I dengan catatan waktu 4 menit 14,89 detik. Sementara di KU II Ricky Anggawijaya berjaya dengan capaian 4 menit 18,71 detik. Dominasi ESG juga terlihat di nomor-nomor estafet.

Selain merajai perolehan medali, perenang ESG juga mampu memecahkan rekor KU nasional. Sebagai contoh, Ricky Anggawijaya mampu memecahkan rekor 800 meter gaya bebas putra KU II dengan catatan waktu 8 menit 55,87 detik. Rekor ini sebelumnya diraih Pratama Siahaan pada 2007 di Bandung dengan waktu 8 menit 57,29 detik. Di KU II, Kenny Lisan Putera berhasil mengusangkan rekor yang dibuatnya sendiri pada 100 meter gaya kupu-kupu dan pada 800 meter gaya bebas putra. Kenny juga sukses memecahkan rekor 50 meter gaya bebas putra atas nama Christopher Tedjobuwono di Bandung pada 2007. “Kami berlatih keras untuk menghadapi KRAPSI kali ini. Meskipun persaingan sangat ketat, kami yakin bisa membawa pulang gelar juara umum KRAPSI 2010 kali ini,” kata manajer tim ESG Bandung, Iman Firmansah.


Perenang

SEAGames

Sementara itu, perenang nasional yang dipersiapkan tampil dalam SEA Games XXVI/2011 mendatang masih mendominasi beberapa nomor yang dipertandingkan.Triadi Fauzi, perenang asal klub AQR Bandung, Jabar, berhasil menyabet dua emas untuk nomor 400 meter gaya bebas putra dengan catatan waktu 4 menit 11,01 detik dan juga untuk nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra, dengan catatan waktu57,10 detik. Pada nomor 100 meter gaya punggung putra KU senior, perenang yang tampil di Asian Games XVI/2010 Guangzhou, Guntur Pratama Putra, dari klub Millenium Aquatik Jakarta menjadi juara pertama dengan catatan waktu 59,65 detik. Untuk kelompok putri, juara pertama direbut Nova Tri Diana dari DLP Ambon, Maluku dengan catatan waktu 1 menit 11,23 detik.Sementara itu, para perenang tuan rumah, Tri Cakti Semesta (TCS) Semarang belum menunjukkan hasil terbaik. Hingga sore kemarin, TCS hanya meraup 3 perak, 2 perunggu dan bertengger di posisi 8 perolehan medali. ACS Solo berada di peringkat 9 dengan raihan 4 perunggu.

(Nurul Muttaqin/CN26)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s